[pgp_title]
Tips Cepat Hamil

Gimana Sih Cara Tingkatkan Kesuburan supaya Cepat Hamil?

Topik kita sekarang yaitu Gimana Sih Cara Tingkatkan Kesuburan supaya Cepat Hamil?. Bagi beberapa wanita, hamil ialah hal yang sangat gampang didapatkan. Mereka hamil setelah berusaha selama 3 bulan. Tetapi di sisi lain, ada beberapa perempuan yang merasa amat sulit untuk hamil. Ada banyak alasan untuk ini, seperti usia, stres, dan kondisi fisik secara keseluruhan.

Gimana Sih Cara Tingkatkan Kesuburan supaya Cepat Hamil?

Emang cuma dibutuhkan sepersekian detik bagi sperma merekatkan dirinya ke sel telur dan mulai proses pembuahan. Namun buat sampai pada pembuahan ga selalu cepat dan mudah bagi setiap pasangan.

Gimana Sih Cara Tingkatkan Kesuburan supaya Cepat Hamil?

Kita pernah mendengar perihal pasangan yang dengan cepat mendapat anak. Ada pasangan yang mencoba dan mencoba, dan baru berhasil sesudah beberapa lama. Ada yang menyerah dan mengadopsi seorang anak. Tetapi beberapa bulan kemudian menyadari kenyataan bila mereka hamil. Tetapi tentu saja ada pasangan yang tidak pernah berhasil dalam usaha mereka buat hamil.

Meskipun enggak ada jaminan kepastian dalam problem kehamilan. Apabila sang perempuan bersama pasangannya sama-sama sehat, maka rata-rata pasangan (90 persen) akan mendapati kehamilan dalam 12 – 18 bulan sesudah mencoba. Dengan catatan umur perempuan antara 20 sampai 35 tahun. Hanya sekitar seperempat (25 persen) pasangan yang cukup beruntung untuk berhasil hamil pada bulan pertama sesudah mencoba. Lebih dari setengah (65%) bakal hamil dalam waktu 6 bulan dan 75% setelah sembilan bulan.

Jadi waktu toleransi yang dibutuhkan pasangan subur buat mendapatkan kehamilan yaitu 12 bulan. Apabila melebihi waktu tersebut berarti ada persoalan dalam kesuburan. Sedangkan bagi wanita pemakai pil kontrasepsi, fertilitas biasanya baru bakal kembali setelah 6 bulan menghentikan penggunaan pil. Wanita dengan umur lebih dari 35 tahun atau perokok membutuhkan waktu 2 kali lipat buat dapat terjadinya pembuahan.

Gimana Sih Cara Tingkatkan Kesuburan supaya Cepat Hamil?

Bila Anda atau pasangan Anda mempunyai problem kesehatan yang serius, konsultasikan dengan dokter sebelum mencoba untuk hamil. Ini dilaksanakan buat memastikan bahwa pilihan itu aman untuk Anda. Kalau Anda berdua sehat dan engga hamil sesudah satu tahun berusaha dan hubungan seks tanpa kondom, mungkin enggak ada sesuatu yang salah. Tapi mungkin udah waktunya Anda berdua berkonsultasi dengan dokter.

Apabila berusia 35 tahun atau lebih, Anda mesti menjadwalkan janji dengan dokter. Dengan catatan kalau Anda telah mencoba selama enam bulan tanpa hasil positif. Fertilitas wanita terus menurun sesudah usia 35 tahun. Sehingga makin cepat mendapatkan bantuan dokter, maka makin baik kesempatan Anda buat berhasil hamil. Perempuan di atas 40 tahun kudu berbicara dengan dokter sebelum mencoba buat hamil. Hal ini untuk meyakinkan apakah ada hambatan dalam pembuahan.

Selama berusaha buat hamil, Anda bisa melakukan sesuatu yang dapat mempercepat kehamilan. Berikut 10 tips utama buat membantu Anda supaya cepat hamil :

Gimana Sih Cara Tingkatkan Kesuburan supaya Cepat Hamil?

1. Menentukan masa subur

Anda wajib menghitung dan mengetahui masa subur Anda. Karena hubungan seksual yang dilaksanakan saat masa subur akan dapat menaikan kesempatan Anda buat hamil. Ada beberapa cara untuk mengetahui masa subur seorang perempuan antara lain :

  • Menggunakan alat tes ovulasi
  • Mengukur suhu basal tubuh
  • Memeriksa lendir rahim
  • Mengamati posisi leher rahim
  • Memakai sistem kalender
  • dll
2. Berhubungan intim secara teratur 3x seminggu

Para ahli menganjurkan buat berhubungan intim 3x seminggu secara teratur. Hal ini dijalankan dikarenakan kita engga mengetahui kapan tepatnya ovulasi (masa subur) terjadi.

Gimana Sih Cara Tingkatkan Kesuburan supaya Cepat Hamil?

3. Pilih posisi seksual terbaik

Ada berbagai posisi bercinta yang dapat meningkatkan kemungkinan buat hamil. Berikut beberapa di antaranya yang bisa Anda pilih :

  • Posisi Misionaris (Man on Top)
  • Penetrasi dari belakang (doggy style)
  • Raise the hips
  • Side by side
  • dls
4. Memeriksakan diri ke dokter

Pemeriksaan kesehatan sebelum hamil yaitu sesuatu yang amat penting. Hal ini supaya kehamilan dapat berjalan dengan baik. Pemeriksaan awal yang dijalankan dokter biasanya berupa :

  • Pemeriksaan fisik
  • Tinjauan riwayat medis
  • Tinjauan latar belakang medis keluarga
  • Pertanyaan mengenai diet dan kebiasaan sosial, seperti apakah Anda berdua minum atau merokok
  • Tinjauan kehamilan masa lalu, menggunakan kontrol kelahiran, pengobatan dan imunisasi
  • Tes darah buat memeriksa antibodi yang melindungi dari penyakit fatal bagi janin
  • Rujukan untuk konseling genetika, jika dibutuhkan
  • dls

Gimana Sih Cara Tingkatkan Kesuburan supaya Cepat Hamil?

5. Makan makanan penunjang fertilitas

Makanan yang Anda dan pasangan makan juga mempengaruhi tingkat kesuburan. Oleh karena itu mesti diperhatikan dengan seksama dalam pemilihan makanan. Ada beberapa makanan yang dianjurkan dan kudu dijauhi bagi Anda yang mau cepat hamil. Berikut beberapa makanan yang direkomendasikan :

  • Air
  • Sayuran berdaun hijau
  • Sayuran orange dan kuning
  • Sayuran fitonutrisi
  • Biji-bijian
  • Ikan berminyak
  • Susu kaya lemak
  • Madu
  • Tiram
  • Cabe
  • Alpukat
  • Buah-buahan kaya vitamin C
  • Kacang-kacangan
  • dls

Beberapa makanan yang patut dihindari

  • Makanan olahan
  • Makanan yang digoreng dan lemak jenuh
  • Makanan non-organik
  • Aspartam dan pemanis buatan lain
  • Makanan yang tidak dipasteurisasi
  • Kafein
  • dls

Gimana Sih Cara Tingkatkan Kesuburan supaya Cepat Hamil?

6. Minum vitamin, dan suplemen

Beberapa suplemen yang disarankan di antaranya :

  • Asam folat
  • Seng
  • Selenium
  • Asam lemak esensial (EFA)
  • Vitamin E
  • Vitamin C
  • L-arginin
  • L-karnitin
  • dll
7. Hindari rokok, alkohol dan obat-obatan tertentu

Infertilitas juga terkadang disebabkan oleh masalah reproduksi akibat pemakaian narkoba, rokok, alkohol dan obat-obatan resep.

Gimana Sih Cara Tingkatkan Kesuburan supaya Cepat Hamil?

8. Olahraga teratur dan seimbang

Laksanakan olahraga dengan teratur dan secara seimbang. Ada beberapa olahraga yang dianjurkan untuk menyokong kesuburan, yakni di antaranya :

  • Meningkatkan aktivitas secara keseluruhan
  • Latihan kardio atau aerobik intensitas sedang
  • Latihan kekuatan
  • Yoga fertilitas
  • Latihan respon relaksasi
  • dst
9. Pertahankan berat badan ideal

Berat badan yang normal / ideal atau seimbang memiliki andil besar dalam meningkatkan kesempatan buat terjadinya kehamilan. Oleh sebab itu jika mau cepat hamil, jaga berat badan Anda agar tetap ideal atau seimbang. Apabila berat badan Anda belum ideal laksanakanlah Program Smart Detoks atau program diet sehat.

Gimana Sih Cara Tingkatkan Kesuburan supaya Cepat Hamil?

10. Santai, tidur cukup dan hindari stress

Stres bisa mengganggu kehamilan. Karena dapat melemahkan kapasitas pasangan untuk melaksanakan hubungan seksual yang efektif. Bahkan stress berat bisa mengakibatkan berhentinya siklus menstruasi. Oleh karena itu hindari stress dengan cara tidur yang cukup dan berusahalah buat tetap santai.

Jangan hanya mengerjakan 1 tips aja. Tetapi sedapat mungkin laksanakan semuanya. Karena semuanya bisa saling menunjang dan memperbesar kesempatan Anda untuk hamil.

Sekian informasi mengenai Gimana Sih Cara Tingkatkan Kesuburan supaya Cepat Hamil?, semoga post kali ini mencerahkan kalian. Mohon artikel ini diviralkan agar semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Referensi:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *